INTERNET NEW MEDIA
Media Baru adalah
istilah yang dimaksudkan untuk mencakup kemunculan digital,
komputer, atau jaringan teknologi informasi dan komunikasi di
akhir abad ke-20. Sebagian besar teknologi yang digambarkan sebagai
media baru adalah digital, seringkali memiliki karakteristik dapat
dimanipulasi, bersifat jaringan, padat, mampat, interaktif dan tidak memihak.
Secara sederhana media baru adalah media yang terbentuk dari interaksi antara
manusia dengan komputer dan internet secara khususnya. Termasuk di dalamnya adalah
web, blog, online social network, online forum dan lain-lain yang menggunakan
komputer sebagai medianya.
Menurut para ahli :
Menurut Everett M.
Rogers (dalam Abrar, 2003:17-18) merangkumkan perkembangan media komunikasi ke
dalam empat era. Pertama, era komunikasi tulisan, Kedua, era komunikasi cetak,
Ketiga, era telekomunikasi, dan Keempat, era komunikasi interaktif. Media baru
adalah media yang berkembang pada era komunikasi interaktif.
Menurut Ron Rice
mendefinisikan media baru adalah media teknologi komunikasi yang melibatkan
komputer di dalamnya (baik mainframe, PC maupun Notebook) yang memfasilitasi
penggunanya untuk berinteraksi antar sesama pengguna ataupun dengan informasi
yang diinginkan.
Sementara menurut
McQuail, media baru adalah tempat dimana seluruh pesan komunikasi
terdesentralisasi; distribusi pesan lewat satelite meningkatkan penggunaan
jaringan kabel dan komputer, keterlibatan audiens dalam proses komunikasi yang
semakin meningkat.
Pandangan terhadap new media
Pandangan terhadap new
media dapat berpengaruh positif dan negatif. Berpengaruh positifnya info dari
media sangat mudah dan sangat cepat,dapat di akses di mana pun serta
mendapatkannya sangat lah murah. Pengaruh negative new media terhadat manusia
adalah info dari media tersebut tanpa batas dan dapat masuknya budaya luar
melalui media baru ini,jika tidak di dasarkan kepada ilmu pengetahuan maka akan
menimbulkan hal-hal yang negative terhadap masyarakat.
Manfaat New Media
Bidang Sosial
Dalam bidang ini banyak
menyita perhatian masyarakat misalnya saja berbagai macam jejaring sosial yang
sekarang di minati masyarakat seperti facebook, twitter, skype, yahoo
messenger, my space, hello dll. Dengan menggunakan jejaring sosial ini dengan
mudah dapat menjalin komunikasid dengan semua user dibelahan dunia manapun.
Bidang Industri/Dagang
Dalam bidang ini
memudahkan bagi siapa pun yang ingin menawarkan/mempromosikan produk tertentu
sehingga tidak susah susah untuk membuka toko dan promosi langsung didepan
konsumen, melalui new media pedagang dapat mempromosikan produk nya melalui
membuka online shop, bisa melalui facebook, twitter atau kaskus.
Bidang Pendidikan
Dalam bidang ini sangat
memudahkan bagi pelajar maupun pengajar dalam mendapatkan materi yang di
inginkan. Bisa melalui search engine kita bisa mendapatkan segala informasi,
atau dengan fasilitas E-book, fasilitas email juga bisa membantu dalan proses
mengerjakan tugas atau saling tukar informasi.
Bidang Lowongan Kerja
Dalam bidang ini bagi
yang ingin mencari pekerjaan cukup searching di internet lalu mendaftar secara
online bahkan bisa mengikuti tes masuk secara online juga, tidak perlu lagi
susah payah datang dari kantor ke kantor.
Komponen
New Media
Pada new media ada
beberapa komponen seperti Pembuat,penyalur dan pemakai juga media yang
digunakan agar dapat berhubungan dengan new media,diantaranya adalah
sebagai berikut:
- Produsen merupakan orang yang
menciptakan wadah atau sarana new media itu sendiri komponen ini berperan
sebagai pencipta atau pembentuk new media.
- Distributoradalah sebuah perantara
yang menghantarkan sarana media atau bisa disebut media yang berfungsi
mengahantarkan pemakai untuk memakai sarana itu sendiri.
- Konsumenadalah orang yang
berperan sebagai konsumen sebuah sarana media atau new media yang
berfungsi untuk memakai new media.
1.
Internet & Web
2.
Personal Komputer (PC) / Notebook
3.
DVDs (Digital Versatile Disc or Digital Video Disc)
4.
VCDs (Compact Discs)
5.
Portable Media Player.
6.
Mobile Phone.
7.
Video Game/ Game Computer.
8.
Virtual Reality.
Aplikasi
New Media
1.
Jejaring Sosial
Contoh aplikasi new
media dalam bidang jejaring sosial yaitu facebook, twitter, yahoo messenger, my
space, skype dll. Aplikasi ini sangat mudah digunakan bagi masyarakat,
fasilitas di jejaring sosial ini adalah bisa updates status, upload photo,
video call dll. Kelebihan new media seperti ini adalah biaya murah, cepat dan
mudah.
2.
Online Shop
Produk produk sekarang
dengan mudah bisa dipromosikan melalui online shop yang sudah sangat banyak
tersebar didunia maya, masyarakat bisa membuat online shop melalui facebook,
twitter, blog, website, ataupun kaskus yang bisa menarik perhatian konsumen
secara cepat.
3.
Informasi/Pendidikan
Untuk mencari segala
informasi maupun berita yang terkini, dengan adanya new media yaitu biasa
menggunakan aplikasi seperti wikipedia, google, televisi analog ataupun website
website lain nya.
Beberapa contoh aplikasi
didalam internet yang mengembangkan new media, yaitu :
Google, Altavista, Yahoo
dan website sejenisnya yang merupakan aplikasi pencarian sejumlah kata yang
terdapat didalam website untuk mencari berita.
CNN, BBC, Detik, Okezone
dan berbagai website sejenisnya yang dibuat untuk memberikan berita secara
cepat sebagai pengganti koran/majalah.
Youtube, seleb.tv, metacafe dan website
sejenisnya yang menyediakan layanan membagikan video atau menampilkannya
sebagai sarana hiburan dan berita secara audio visual.
Twitter, Facebook,
Friendster dan website sejenisnya yang menyediakan layanan mini blog dan social
network sebagai sarana komunikasi langsung yang sengaja dibagikan kepata
publik.
BSE, e-dukasi.net, ilmukomputer,com yang
menyediakan layanan pendidikan secara online berupa pembahasan-pembahasan materi
pendidikan dan ada yang menyediakan buku elektronik (e-book).
Dan sebagainya.
Menganalisa dan Menjelaskan
Fitur New Media
Sip, sekarang kita siap
masuk dalam pembahasan hasil analisa terhadap beberapa contoh New Media yang
sedang berkembang pesat saat ini..
Komentar
Posting Komentar